Tips Keselamatan Saat Bali Rafting Tour untuk Pemula

Bali merupakan sebuah pulau destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyaknya keindahan alam yang ditawarkan oleh pulau yang berjuluk Pulau Dewata ini membuat semua orang yang pergi kesana tidak ada henti-hentinya kembali lagi ke Bali. Dan salah satu yang membuat mereka kembali lagi adalah olahraga rafting. Olahraga yang sedang populer ini menjadi primadona di Bali, selain Olahraga air di Tanjung Benoa. Karena olahraga tersebut cukup berbahaya, maka dari itu berikut ini ada beberapa tips keselamatan saat Bali Rafting Tour yang wajib dipahami oleh para wisatawan. Terutama untuk para pemula yang sebelumnya belum pernah mencoba olahraga air ini.

7 Tips Keselamatan Saat Bali Rafting Tour

Melakukan olahraga ekstrem memang selalu membutuhkan ekstra pencegahan agar ketika melakukannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Walau demikian, tidak sedikit orang yang tetap melakukannya untuk menantang adrenalin mereka. Bahkan banyak wisatawan yang menjadikan olahraga rafting sebagai hobi untuk mereka lakukan, terlepas dari bahaya yang mengintai. Begitu pula dengan para pecinta rafting di pulau Bali, mereka malah menjadikan rafting menjadi tempat wisata yang tengah populer saat ini. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika Anda mencoba rafting tour, berikut adalah tips keselamatan saat Bali Rafting Tour yang penting diperhatikan oleh para pemula.

  1. Pilihlah Sungai yang Mudah

Karena Anda baru pertama kali melakukan olahraga rafting, pilihlah sungai dengan arus yang tenang. Jangan pilih sungai yang memiliki arus yang kuat dan kencang. Untuk masalah transportasi, akan lebih baik apabila Anda menggunakan rental motor Bali agar mudah mencapai lokasi yang biasanya jalannya relatif kecil.

  1. Pilihlah Operator Rafting yang Terbaik

Dalam memilih operator yang terbaik, Anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu kepada orang-orang yang telah sering melakukan rafting. Anda membutuhkan operator terbaik agar dapat menjaga Anda selama rafting.

  1. Perhatikan Kondisi Tubuh Anda

Tips keselamatan saat Bali Rafting Tour yang berikutnya adalah melihat kondisi tubuh Anda. Jangan memaksakan mengikuti kegiatan Bali Rafting Tour apabila Anda sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Karena olahraga ekstrim membutuhkan stamina yang kuat.

  1. Gunakan Perlengkapan dengan Kondisi Bagus dan Sesuai

Pilihlah perlengkapan yang sesuai dengan fisik Anda. Ambil pelampung dan helm yang tidak terlalu longgar atau tidak pula terlalu ketat agar Anda nyaman bergerak.

  1. Hindari Pakaian Menyerap Air dan berwarna putih

Hal tersebut ditujukan agar Anda tidak susah bergerak apabila di dalam air dan juga dapat terlihat apabila Anda tercebur di dalam air. Pilih pakaian dengan berwarna cerah seperti orange.

  1. Ikuti Instruksi Dari Guide

Ingatlah baik-baik apa yang telah guide atau instruktur Anda sampaikan sebelum Anda terjun ke sungai. Karena hal-hal tersebut begitu penting dan menjadi hal terutama dari tips keselamatan saat Bali Rafting Tour.

  1. Jangan Panik!

Tips rafting tour di Bali yang terakhir adalah apabila Anda tercebur dari atas perahu ataupun perahu Anda terbalik, jangan panik. Berpikirlah secara tenang, terutama karena Anda telah menggunakan pelampung. Posisikan kepala Anda menghadap keatas agar tidak tertelan air sungai. Rekan-rekan Anda akan segera menolong Anda.

Demikianlah sedikit tips keselamatan saat Bali Rafting Tour untuk pemula. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua yang merencanakan liburan di pulau Bali dan akan melakukan rafting tour.