Bali merupakan salah satu pulau kebanggaan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Keindahan pulau ini telah terkenal hingga ke berbagai belahan dunia. Oleh sebab itu, tidak heran jika Bali setiap harinya didatangi oleh ribuan turis dari mancanegara. Bali memang menyajikan keindahan alam yang sangat mempesona. Sebagai masyarakat Indonesia, kita tentunya wajib merasa bangga dengan keindahan yang terdapat di dalamnya. Pulau Bali atau sering disebut sebagai Pulau Dewata ini memang memiliki banyak sekali keistimewaan dan banyak juga tips wisata di pulau komodo yang Anda bisa telusuri juga. Lalu, apa saja keistimewaan Pulau Bali?

5 Alasan Yang Membuat Pulau Bali Sangat Istimewa

Pulau Bali memang sangat istimewa. Semua orang yang pernah berkunjung ke Bali pasti akan merasa jatuh cinta dan ingin berlama-lama tinggal di sana. Bahkan, tidak jarang ada banyak turis asing yang akhirnya datang beberapa kali ke Bali karena sudah terlanjur jatuh cinta dengan segala keindahan yang dapat dinikmati di Pulau Bali. Nah, berikut ini adalah beberapa keistimewaan Pulau Bali:

  1. Kental dengan nilai budaya

Seperti yang kita ketahui bahwa Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masih sangat kental dalam menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan. Sebagian besar masyarakat Bali adalah penganut agama Hindu yang taat, sehingga tidak heran jika hingga saat ini budaya Hindu masih sangat kental di sana. Saat berkunjung ke Bali, maka kita akan melihat banyak pemandangan yang menampilkan kecintaan masyarakat Bali terhadap agamanya, yaitu Hindu.

  1. Pemandangan di bali sangat mempesona

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Bali memang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona. Bahkan, Bali juga dikatakan sebagai surga dunia. Surga dunia memang bisa kita temukan di Pulau Dewata ini. Hal ini mengingat bahwa hampir di seluruh pelosok Pulau Bali selalu menawarkan keindahan yang membuat semua orang jatuh cinta. Salah satu pemandangan alam paling indah di Bali adalah pantai, di mana pantai-pantai di Bali tidak kalah indahnya dengan pantai yang berada di luar negeri. Karena sangat indah, maka tidak heran jika banyak turis asing yang datang hanya untuk berjemur di pantai Bali.

  1. Masyarakat Bali sangat ramah

Nah, hal lain yang dirindukan dari pulau dewata adalah keramahan masyarakatnya. Ya, masyarakat Bali memang sangat ramah saat bertemu dengan para wisatawan. Mereka tidak bosan melepaskan senyum manisnya untuk para wisatawan yang datang. Masyarakat Bali juga sangat ramah dalam melayani segara kebutuhan turis yang datang. Karena suasana di Bali sangat ramah dan hangat, maka tidak heran jika banyak turis dari mancanegara yang merindukan suasana kehangatan di Bali, di mana suasana seperti ini sangat sulit ditemukan di negaranya masing-masing.

  1. Kuliner khas yang menggoda selera

Ini dia yang selalu dicari-cari oleh para wisatawan, yaitu kuliner khas Bali. Kuliner Bali memang dikenal sangat enak dan menggoda selera. Jadi, akan kurang lengkap rasanya jika datang ke Bali tanpa mencicipi berbagai makanan khas Bali tersebut. Makanan khas Bali sangat mudah ditemui di berbagai wilayah Bali, terutama di wilayah yang dekat dengan tempat wisata. Setelah selesai menikmati keindahan wisata Bali, maka wisatawan bisa menikmati sajian makanan khas Bali yang sangat nikmat dan membuat ketagihan. Nah, apa saja menu makanan khas Bali yang wajib dicoba?

Ini Dia, Aneka Kuliner Khas Bali Yang Terpopuler Dan Wajib Dicoba

Berlibur ke Bali memang kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati aneka makanan khas Bali yang sangat menggoda selera. Saat pertama kali mencicipi salah satu makanan khas Bali, maka dapat dipastikan bahwa Anda akan langsung jatuh cinta dengan rasanya yang sangat enak dan nikmat di lidah. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis kuliner khas Bali yang sangat populer dan wajib dicoba:

  1. Babi Guling

Babi guling merupakan salah satu makanan khas Bali yang sangat favorit. Namun perlu ditegaskan bahwa makanan ini tentunya tidak halal bagi turis yang beragama Islam. Jadi, babi guling ini merupakan makanan yang tidak halal. Oleh sebab itu, makanan khas ini hanya boleh dinikmati oleh wisatawan yang beragama non-muslim saja. Daging babi guling yang kecokelatan dan sangat renyah di lidah ini memang selalu berhasil menggoda selera para wisatawan. Babi guling khas Bali biasanya dibuat dengan tambahan bumbu khas Bali. Tambahan rempah-rempah khas Bali inilah yang membuat daing babi semakin empuk dan rasanya berbeda dari babi guling yang ditemukan di mana pun.

  1. Ayam betutu

Nah, ayam betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang menjadi incaran para wisatawan yang beragama Islam. Karena dibuat dari daging ayam, maka makanan ini halal untuk umat muslim. Ayam betutu sendiri sangat mudah kita temui di sepanjang jalan di pulau Bali. Hal unik dari ayam betutu adalah menggunakan bumbu yang dimasukkan ke dalam perut ayam kampung, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya, ayam yang telah diberi bumbu ini dipanggang di atas bara api sekam selama 24 jam. Nah, inilah yang akan membuat bumbu sangat meresap ke dalam daging ayam. Selain itu, daging ayam juga akan terasa sangat empuk dan lembut saat sudah masuk ke dalam mulut. Pastinya, rasanya akan sangat enak karena menggunakan rempah-rempah khas Bali.

  1. Sate lilit

Jika biasanya sate dibuat dari daging yang ditusuk dengan lidi, maka sate khas Bali memiliki ciri khas yang berbeda, yaitu daging dicincang halus kemudian dililitkan pada tangkai bambu atau batang serai. Daging yang telah dicincang halus, kemudian diramu menggunakan bumbu khas Bali yang sangat istimewa. Setelah diramu dengan bumbu khas, daging cincang tersebut kemudian dililitkan pada batang bambu atau batang daun serai, sehingga akan tercium aroma wangi dari serai yang membuat rasa sate lilit semakin sedap. Jenis daging yang biasanya digunakan untuk membuat sate lilit adalah babi, ayam, bebek, dan ikan tenggiri.

Nah, itulah beberapa makanan khas Bali yang wajib dicoba. Selain ketiga jenis makanan khas tersebut, tentunya masih banyak jenis makanan khas Bali lainnya yang wajib dicoba. Beberapa di antaranya adalah nasi campur ayam, lawar kuwir, kuah pindang dan rujak bulung, serombotan, tipat blayang, nasi jinggo, dan nasi tepeng. Nah, makanan khas Bali manakah yang ingin segera Anda coba?